Tuesday, April 23, 2013

Barack Obama Pilih Hyundai Sonata Hybrid





Memasuki ERA kepemimpinannya yang ke-2 sebagai Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengeluarkan kebijakan untuk melakukan penyegaran pada jajaran kendaraan administratif pemerintahannya. Uniknya di antara kendaraan yang baru yang sedianya dibeli, khususnya untuk kendaraan hemat bahan bakar yang dibeli bukan berasal dari merek Amerika.
Sekitar 54% kendaraan hemat bahan bakar dan ramah lingkungan yang dipilih oleh Obama berasal dari brand Asia. Satu di antara brand yang dipilih adalah Hyundai. Pada kebijakan yang sedianya dilaksanakan pada tahun 2015 ini, Obama menetapkan target menggunakan kendaraan berbahan dasar alternatif.
Pada dasarnya, kebijakan administratif pemerintah AS pada kendaraan bahan bakar alternatif telah dilaksanakan sejak tahun 2009, dengan pembelian mencapai ribuan unit. Meskipun demikian, kebijakan untuk membeli kendaraan jenis ini mengalami penurunan setiap tahunnya.
Jika pada tahun 2009, kendaraan yang dibelii mencapai 8.139 unit, lalu turun menjadi 6.467 unit pada tahun 2010, lalu turun lagi menjadi 2.645 unit pada tahun 2011. Pada tahun 2012, pemerintah AS pun hanya membeli 1.801 unit kendaraan hybrid, meski secara presentasi naik 3.6% atau lebih dari 50 ribu unit lebih banyak disbanding kendaraan sejenis yang dibeli oleh pemerintah AS pada tahun sebelumnya.




Menurut kabar yang dilansir dari Blommberg(9/1), kebijakan pemerintah Amerika Serikat ini juga merupakan implementasi terobosan untuk semakin menggaungkan kendaraan berbahan bakar alternatif di Negara adi daya tersebut. Ironisnya, pilihan dijatuhkan bukan pada kendaraan dengan brand Amerika sebagaimana kebijakan sebelumnya. Pilihan Barrack Obama dijatuhkan pada Hyundai Sonata Hybrid untuk menggantikan posisi Ford Fusion Hybrid sebagai kendaraan ramah lingkungan atau (green car) paling populer pada jajaran kendaraan dinas pemerintahan Amerika Serikat.
Menurut kabar itu pula, satu di antara pertimbangan dari pemerintah Amerika Serikat adalah kemampuan Hyundai dalam memproduksi Sonata Hybrid dalam jumlah besar. Sebagai informasi, Sonata Hybrid hadir dengan mesin 2,0-liter bertransmisi 6 percepatan. Mobil ini memiliki motor elektrik berkekuatan 40 hp dan mesin standar 148 hp. Sementara tingkat pemakaian BBM sangat irit, yakni sekitar 21 km/liter.
 

No comments:

Post a Comment