Tuesday, April 23, 2013

Sertifikasi Keselamatan 5-Bintang dari Euro NCAP




Tidak hanya menerima respon market yang baik dan berbagai penghargaan di berbagai belahan dunia, All-New Santa Fe juga memiliki kualifikasi keselamtan maksimum. Setelah menjadi salah satu finalis SUV of the Year 2013 dari majalah Motor Trend di Amerika Serikat, All-New Santa Fe menjadi 1 dari 6 kendaraan baru di market Eropa yang berhasil mendapat sertifikasi keselamata maksimum (5-Bintang) dari Euro NCAP.
Berdasarkan siaran pers  pihak Euro NCAP, dari 36 kendaraan baru yang dirilis di Eropa sepanjang tahun 2012, hanya 6 kendaraan yang berhasil mendapatkan rating 5-Bintang dari empat kriteria yang ditetapkan, yakni perlindungan penumpang dewasa, penumpang anak-anak, pejalan kaki dan system pendukung keselamatan.
All-New Santa Fe yang diuji menggunakan mesin diesel CRD-I 2,2-liter, atau dengan kata lain sama dengan varian yang dipasarkan di Indonesia.
Penumpang Dewasa
Ruang kompartemen penumpang tetap stabil saat uji benturan frontal, dimana proteksi bagian lutut dan tulang paha replica penumpang di kabin depan terlindungi dengan baik. Pada saat uji benturan samping, All-New Santa Fe berhasil nilai maksimum dalam melindungi seluruh bagian bodi kendaraan. 





Sementara untuk benturan belakang, kursi dan sandaran kepala memberi perlindungan  standar. Untuk kriteria pengujian ini, All-New Santa Fe mampu meraih persentasi 96%(poin 34).
 Penumpang Anak-Anak
Pada uji benturan frontal, replica penumpang usia 3 tahun yang duduk menghadap ke sandaran kursi agak bergerak kedepan, tapi tidak membahayakan. Uji benturan samping, dua replica penumpang dapat terlindungi dengan  baik pada sandaran kursi masing-masing, sehingga meminimalisir kemungkinan kontak kepala dengan bagian interior mobil. Bantalan udara (airbag) juga dapat dinonaktifkan, sehingga posisi duduk penumpang anak- anak dapat dihadapkan ke depan. Pada pengujian ini, Santa Fe mendapat nilai persentasi 89% (poin 43)
Pejalan Kaki
Santa Fe meraih nilai maksimum dalam proteksi pada kaki pejalan kaki melalui bumper. Pada kriteria ini, Santa Fe meraih nilai 71% ( poin 25)
Sistem Pendukung Keselamatan
Santa Fe memiliki fitur standar electronic stability control yang memenuhi standar pengujian Euro NCAP. Fitur pengingat sabuk pengaman juga standar bagi pengemudi. Untuk kriteria ini didapatkan persentasi nilai 86% (poin 6)


No comments:

Post a Comment